Hello

29 November 2015

Event Manajemen: Jenis-jenis Event Organizer 

            A.    Definisi Event dan Special Event
Getz (1997) mendefinisikan event sebagai berikut “Event are transient, and every event is a unique blending of its duration, setting, management, and people.” Artinya event adalah fana, tidak abadi, dan setiap event merupakan suatu campuran unik dari durasi, pengaturan, pengurus, dan orang-orangnya. Allen (2002) mendefinisikan special event sebagai berikut:“Special events are defined as specific rituals, presentation, performances or celebrations that are consciously planned and created to mark special occasions or to archive particular social, cultural, or corporate objective.” Artinya spesial event adalah suatu ritual istimewa, penunjukan, penampilan, atau perayaan yang pasti direncanakan dan dibuat untuk menandai acara-acara khusus atau untuk mencapai tujuan sosial, budaya, atau tujuan bersama-sama.

 B Jenis Event
Jenis Event dibedakan menjadi public event dan private event. Yang termasuk dalam public event adalah: Perayaan budaya, seni atau hiburan, bisnis atau perdagangan, kompetisi olah raga, pendidikan dan ilmu pengetahuan, rekreasi, serta politik atau kenegaraan. Sedangkan private event meliputi perayaan pribadi seperti peringatan hari jadi, liburan keluarga, pesta pernikahan, dan pesta ulang tahun, serta event-event social seperti pesta-pesta, gala, dan acara reuni (Getz, 1997).
Penyelenggara acara adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut EO Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.
Menurut buku, "EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer" ditulis oleh professional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara.
Jenis-jenis EO
Dilihat dari jenis acara yang diadakan, E.O. dapat dikategorikan menjadi:
  1. One Stop Service Agency:
E.O. besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
  1. MICE :
 Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). E.O. yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  1. Brand Activation ;
Brand Activation  adalah EO yang secara spesifik membantu client-nya untuk mempromosikan dalam rangka peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target marketnya.
  1. Musik dan Hiburan:
E.O. yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  1. Penyelenggara Pernikahan:
E.O. yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  1. Penyelenggara Ulang Tahun:
E.O. yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  1. Penyelenggara Pribadi:
E.O. khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
  1. Komunitas Event Organizer Indonesia, media promosi event untuk event dan bermacam acara.
  2. Jukung Organizer
Jukung Organizer adalah EO yang sudah terbukti kualitasnya di Kota Palangka Raya




0 komentar:

Popular Posts

ahmad miftahul farid. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman